Cara mudah membedakan madu asli dan madu tiruan



Madu palsu atau tiruan yaitu larutan yang mirip madu. Di buat tanpa ada pertolongan lebah atau memakai gula juga sebagai nektar. Biasanya memiliki warna sama juga dengan madu asli. Karenanya untuk orang pemula susah untuk membedakan pada madu asli serta madu tiruan. Pada perusahaan-perusahaan yang sudah memperoleh izin produksi bakal mencantumkan info produknya hingga bisa di ketahui apakah itu madu asli atau sintetis. Madu sintetis yang beredar salah satunya yaitu madu melon, labu semangka, serta kurma.

Mulai sejak lama madu palsu sudah banyak di produksi orang. Lewat cara mencampurkan glukosa dengan gula pasir, buah, flavour dan zat warna. Di laboratorium madu palsu bakal gampang dikenali dengan analisa kimia. Kandungan HMF (5 hydroxyl-methyl furfural) dengan jumlah maksimum 3mg/100gram, kesibukan enzim diastase minimum 5 dan rasio kandungan kalium (K) serta natrium (Na) dalam madu asli seputar 4, 0 sedang madu palsu 0, 005-0, 1.

Pengujian kandungan keaslian madu memanglah tak mudah, di samping biayanya juga mahal. Diperlukan alat-alat mutakhir untuk mendeteksi ada tidaknya kombinasi dengan gula yang lain didalam madu. Sesaat, manfaat madu yang telah terang manfaat untuk kesehatan, bikin beberapa pedagang nakal lakukan kombinasi dengan gula tebu atau gula aren. Untuk orang umumnya, rasa manis yang dikeluarkan oleh madu asli serta kombinasi susah dibedakan. Dengan lihat serta merasakannya, pakar madu akan membedakan pada madu asli serta yang palsu. Salah satu pengujian yang paling praktis yaitu dengan memakai pH mtr.. Madu palsu umumnya mempunyai pH 2, 4-3, 3 atau diatas 5, sedang madu asli memiliki pH 3, 4-4, 5. Untuk tahu selanjutnya, bisa dikerjakan uji kandungan madu di laboratorium. Salah satu laboratorium tempat pengujian madu ada di Bogor.

Madu di Indonesia sendiri terdiri jadi dua, yakni madu hasil lebah ternak serta madu rimba. Yang disebut madu ternak yaitu madu itu di ambil dari nektar bunga pohon-pohon spesifik seperti rambutan, kelengkeng, durian dsb. Saat pohon-pohon itu tengah berbunga, jadi digiringlah lebah-lebah yang telah ada dalam kotak-kotak menuju perkebunan pohon itu. Ciri khas dari madu ternak yaitu aroma madunya sesuai sama nektar bunga dari pohon yang dihinggapi.
Sedang madu rimba, lebih variatif nektar bunganya lantaran dihisap dari beragam pohon. Madu rimba ini di kenal tambah baik lantaran lebih banyak terkandung nutrisi yang terbagi dalam mineral serta vitamin. Type tawon madu rimba juga tambah baik dari pada tawon madu ternak. Madu paling baik type ini akan tidak beku meskipun ditempatkan di freezer sepanjang berbulan-bulan lantaran kandungan airnya dibawah 20%.

Meski sekian, baik madu rimba ataupun madu ternak memiliki kekurangan. Saat dipanen pada musim hujan madu bakal banyak terkandung air hujan, sedang karakter air hujan sendiri berbentuk asam. Terkecuali mengakibatkan lebih cair, madu juga teroksidasi hawa jadi lebih asam serta bakal terfermentasi. Mengakibatkan, muncul gas yang dapat menjebol tutup botolnya. Semut juga tidak ingin hampiri lantaran terasa yang masam-masam manis. Apabila madu type ini dimasukkan ke freezer bakal gampang beku, walau termasuk juga asli.

Sesungguhnya, ada cara-cara untuk tahu keaslian madu dengan cara ilmiah. Umpamanya dengan analisa karbon, analisa mikroskopis, analysis hydroxymethylfurfural, analisa polaritas sinar serta paling akhir tes keasaman. Dari lima cara itu, empat yang pertama mesti memakai alat bantu yang cukup mahal harga nya serta ketrampilan spesifik. Jadi, tak kebanyakan orang dapat mengerjakannya. Sedang tes keasaman, adalah tes yang terbilang relatif gampang serta murah. Namun, tetap masih membutuhkan pengetahuan perihal madu yang mendalam. Bila tak, terus bakal susah membedakan mana madu asli, madu kombinasi, serta madu buatan (artificial honey).

Di orang-orang berkembang rutinitas uji keaslian madu yang diperlihatkan menyala saat dibakar dengan korek api, telur dapat masak, tak rembes saat diteteskan pada kertas koran, dsb. Pengujian itu sesungguhnya tak seratus % benar, masih tetap perlu pembuktian lewat laboratorium.

Sesungguhnya masih tetap ada cara lain yang dapat jadi tolok ukur serta dikerjakan oleh kebanyakan orang, yaitu dengan meneteskan madu di air diatas piring beling putih. Saat piring digoyang ke kiri serta ke kanan, jadi saat sebelum madu itu bercampur bakal membuat sisi enam atau sarang lebah. Makin lama bentuk sisi enam itu bertahan, bermakna makin baik nutrisi yang terdapat dalam madu itu dengan kata lain madu asli. Makin cepat bentuk sisi enam itu memudar, jadi jelaslah itu madu kombinasi, lantaran nutrisinya telah jauh menyusut.

Cara lain yang mungkin saja gampang dikerjakan yaitu sama dengan diatas, tetapi piringnya tak digoyang-goyang. Cukup didiamkan saja. Madu asli yang mempunyai kandungan air rendah akan tidak bikin air di piring jadi keruh. Sedang madu yang sudah digabung atau madu buatan perlahan bakal bikin air jadi keruh. Apakah semut dapat jadi patokan untuk memastikan madu itu asli atau tak? Pada intinya, karakter semut sukai pada yang manis-manis, termasuk juga rasa manis yang ada pada madu. Tetapi, makin kental madunya (kandungan airnya sedikit) makin susah untuk semut untuk mendeteksi tempat rasa manis madu itu lantaran molekul yang ada didalam madu terus utuh, tak pecah. Demikian sebaliknya, apabila kandungan airnya tinggi (diatas 20%), jadi semut gampang hampiri.

wdcfawqafwef